MENUMBUHKAN KECINTAAN TERHADAP ALAM DAN PESISIR, PRODI BIOLOGI ADAKAN KEGIATAN PEMBIBITAN MANGROVE DAN PEMBERSIHAN BIBIR PANTAI

Mangrove merupakan jenis tumbuhan pantai yang secara spesifik tumbuh subur di sepanjang pantai beriklim tropis dan sub tropis serta terlindungi dengan membentuk formasi di sepanjang pantai. Mangrove memiliki nilai ekologis yang cukup besar sebagai barrier menjaga kestabilan daerah pesisir pantai dari abrasi dan berperan mengurangi global warming.

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Riau Kepulauan berniat untuk melakukan pembibitan mangrove untuk turut serta dalam melestarikan dan menjaga ekosistem mangrove dengan membuat lahan konservasi mangrove serta Pembersihan daerah perairan kawasan bibir pantai di Pulau Sarang, Belakang Padang, Kota Batam. Selain itu, diberikan juga pengetahuan mengenai kerusakan hutan mangrove serta tindakan yang harus diambil agar dapat mengembalikan fungsi dan manfaat mangrove kepada mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya, yakni dengan sosialisasi dan pembibitan bagi mahasiswa dengan tema kegiatan di wilayah pesisir mengingat pentingnya kelestarian hutan mangrove bagi ekosistem dan kehidupan manusia dan kebersihan laut dari sampah-sampah Rumah Tangga.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat HMPB berlangsung selama Dua hari. Untuk meningkatkan kesiapan mahasiswa baru dalam kegiatan Pengabdian Masyarakat, maka diadakan Pengenalan untuk daerah tempat tinggal yang dibagi menjadi 3 Kelompok, masing-masing kelompok akan tinggal dirumah warga.

Penyuluhan Mengenai Mangrove kepada Mahasiswa yang berlangsung dilapangan Pulau Macan dengan diberikan bimbingan Langsung Dosen Pendidikan Biologi serta Tokoh masyarakat setempat Pulau Macan dibuka Langsung Oleh Panitia HMPB dan Wakil Rektor III UNRIKA Batam.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, dimana hari kedua seluruh Peserta mengadakan Senam Pagi dilanjutkan dengan kegiatan Pembibitan Mangrove yang didampingi langsung para dosen pembimbing serta  Tokoh Masyarakat Pulau Macan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *